KEUSKUPAN SUFRAGAN TANJUNGKARANG
"Non Est Personarum Acceptor Deus" (Kis 10,34)

Rumah Retret - NGISON NANDO


NGISON NANDO

RETREAT HOUSE

Enrich our experienceof God in our lives and in our hearts……

Ngison dalam bahasa lampung berarti dingin, sejuk, adem, memberi kesejukan. Bila diuraikan NGISON= Nama Griya Ini Sarat Oleh Nazar (Nostalgia).


NANDO
Nur asih Nafas Doa (Dei Omnipotentis) Nando nama sapaan akrab seorang Romo (Ferdi Nando Pecoraro. MEP). Semasa hidup beliau, sungguh terlibat dalam usaha mewujudkan rumah impian Ngison Nando yang tampak sekarang ini. Beliau sungguh-sungguh memberi dorongan/semangat, memotivasi, sumbangan ide dan wawasan ke depan atau visium tentang salah satu bentuk sumbangan pelayanan Kongregasi HK dalam ikut berpartisipasi membangun bangsa, masyarakat dan Gereja, pada era perkembangan perubahan yang tajam. Beliau semasa hidupnya bukan hanya memberi dukungan lewat kata melainkan terlibat langsung turun ke lapangan.

Ngison Nando betul adalah rumah yang penuh nostalgia, dimana beliau ikut bekerja keras untuk mewujudkan impian rumah tersebut, sebagai sarana bekerja sama, merangkul persaudaraan dan keselamatan bagi sesama. Rumah pembinaan rohani ini dibangun menurut visi Romo NANDO, rumah ini teruntuk segala lapisan usia dan yang mengalami cacat fisik(ada kursi roda). Tangga dirancang sedemikian untuk kepentingan pelayanan yang dimaksud. Yang penting adalah menciptakan keseimbangan, keselarasan hidup, rohani kemanusiaan bersama yang lain.

Karena setiap orang berharga dimata Tuhan, oleh karena itu setiap orang yang bekerjasama dengan Suster-Suster Belaskasih dari Hati Yesus yang Mahakudus dalam melayani sesama, berlandaskan hati belaskasih Tuhan serta bertumpu pada kasih-Nya, kerahiman-Nya. Dalam melayani bertolak pada hospitalitas rasa persaudaraan. Setiap orang yang terlibat dalam pelayanan rumah khalwat ini dan juga para peserta khalwat, hanya berlandaskan kepada kekuatan dan belaskasih Tuhan yang berkarya dalam diri masing-masing.

ALLAH sumber kekuatan,sarana untuk memperoleh kekuatan itu adalah Doa. Mistri kasih Allah menyapa setiap manusia lewat perjumpaan dan doa bersama mencari kehendak Allah. Allah pasti menyapa dan Allah ditemukan dalam diri sesama manusia.


Fasilitas:

  1. Kamar tidur 24 kamar.(setiap kamar terdapat 3 tempat tidur dan dilengkapi dengan kamar mandi dan AC)
  2. Ruang Doa Bersama
  3. Ruang Pertemuan ( 2 aula untuk pertemuan dan satu ruang konsultasi bimbingan rohani)
  4. Ruang makan
  5. Gua Maria dan jalan salib

 

For more information

 

www.ngisonnando.com

jl. Soekarno Hatta (samping kodim) depan ragom I,

Kalianda Lampung Selatan.

Telp.(0727)322907

Sr. Louise. HK 081338100243

Sr. Tika . HK    081317206053




______________________________________________________________

Rumah Retret - LA VERNA

Alamat:

Pajaresuk - Padangbulan, Kotak Pos 4, Pringsewu 35373, Lampung 

Telp.: 0729 21790, Fax.: 0729 - 21788


Padangbulan adalah sebuah desa berbukit dengan jarak 3 km dari pasar Pringsewu, lokasi Rumah Retret La Verna sekitar 500 meter dari jalan raya Tanjungkarang-Kota agung. Tempat ini cukup strategis dan indah Tanahnya ditumbuhi semak belukar mirip hutan kecil, jauh dari polusi. Panorama alam dari puncak bukit kecil ini dengan pandangan jarak jauh Nampak jajaaran bukit barisan diselingi lembah-lembah subur.

Pada tahun 1949 ketika tentara Belanda menduduki Lampung, Padangbulan digunakan sebagai tempat untuk mengungsi para suster dan seluruh asrama, pastoran, seminari. Untuk mengenang peristiwa itu, maka umat katolik Padangbulan beserta Dewan Paroki Pringsewu dengan persetujuan Bapa Uskup Tanjungkarang membangun Gua Maria sebagai tempat ziarah yang diberkati oleh Mgr. Andreas Henrisoesanta SCJ pada bulan Mei 1985. Di lokasi Gua Maria ini ada sebuah sumber yang tidak pernah kering. Sampai sekarang banyak pengunjung yang datang dari berbagai penjuru berziarah di tempat ini terutama dalam bulan-bulan Maria.

 

Rumah Retret LaVerna adalah tempat pengolahan hidup rohani (gladi rohani), tempat di mana orang  mengalami perjumpaan dengan Allah. LaVerna berada di puncak bukit Padangbulan yang sejuk, sekitar 3 km dari Pringsewu, Kab. Pringsewu, Lampung. Di sekitarnya terpelihara pemandangan alam yang asri, sederhana dan tertata apik. Keadaan alam yang mengundang jiwa untuk memuji dan memuliakan keagungan Tuhan Sang Pencipta. LaVerna berdampingan dengan tempat peziarahan umat Katolik, yaitu Gua Maria “Mariam Perempuan bagi Segala Bangsa”, dengan rute jalan Salib yang berada di bawah rindangnya rumpun bambu.


Bentuk-Bentuk Gladi Rohani Tim Rumah Retret La Verna:

  1. Retret ( Pribadi maupun Kelompok):

 Untuk Para Imam, Biarawan-Biarawati, Pelajar-Mahasiswa, Pasutri, Kaum Muda, Misdinar, Remaja dan Komuni Pertama


2. Rekoleksi:

Pengurus Dewan Pastoral Paroki / Stasi, Wanita Katolik, Santa Monika, Legio mariae, kaum Muda, Remaja, Misdinar, Kelompok Kategorial.


3. Kaderisasi Rohani / character building

Pelajar / Mahasiswa; Kaum Muda; Remaja, Pendidik; Pendamping Bina Iman; Karyawan Muda; Kelompok kategorial.


4. Pendampingan Peziarah
5. Weekend Keluarga
6. Pertemuan dan Seminar

 

Fasilitas :

  1. Kamar Tidur
Unit Antonius 56 bed; Unit Bernadus 49 bed dan 7 kamar (AC); St. Anna (AC) 11 kamar; Lembah Damai / Villa AC 5 kamar; Rumah Hijau / Villa AC 1 kamar; St. Honorius 4 kamar AC ( Pembimbing).

2. Ruang dan fasilitas lain:
2 Ruang Konferensi AC; 2 Ruang Doa/Kapel AC; 2 Ruang Makan/Refter; Gedung Serba Guna 500 0rang; Holly Garden (jalan salib, Gua Gratio); Perpustakaan.

 

 

                                                   Berkat St. Fransiskus Asisi:

Semoga Tuhan memberkatimu; semoga Tuhan melindungimu,

membimbing menunjukkan wajah-Nya serta memberi damai

dan mengasihani selama-lamanya.

Amin.

 

Apakah yang anda cari dalam peziarahan hidup di dunia ?

Apakah anda merasa bahwa ALLAH jauh dari hidup anda ?

Apakah hidup anda terasa kosong dan tak berarti ?

Adakah kerinduan untuk bertemu dan mengalami ALLAH dalam hidup anda ?

Sudahkah anda mengolah hidup anda sehingga hidup rohani anda menjadi subur dan berbuah ?

Apakah anda memerlukan tempat dan bimbingan untuk mengolah hidup anda ?

 

 

 

JADIKANLAH AKU PEMBAWA DAMAI

 

Tuhan jadikanlah aku pembawa damai bila terjadi kebencian,

jadikanlah aku pembawa cintakasih.

Bila terjadi penghinaan, jadikanlah aku pembawa pengampunan.

Bila terjadi perselisihan, jadikanlah aku pembawa kerukunan.

Bila terjadi kebimbangan, jadikanlah aku pembawa kepastian.

Bila terjadi kesesatan, jadikanlah aku pembawa kebenaran.

Bila terjadi kecemasan, jadikanlah aku pembawa harapan.

Bila terjadi kesedihan, jadikanlah aku sumber kegembiraan.

Bila terjadi kegelapan, jadikanlah aku pembawa terang.

Tuhan semoga aku lebih ingin menghibur daripada dihibur, memahami daripada dipahami, mencintai daripada dicintai. (St. Fransiskus Asisi).


______________________________________________________________

Rumah Khalwat - MATOUW WAY HURIK

Jl. Ratu Dibalau 76

Tanjungseneng - Kedaton

Bandar Lampung 35141

Telp.: 0721 780756







_______________________________________________

WISMA SANTO ALBERTUS

Alamat:

Jl. Way Lubuk No. 2, Pahoman - Tanjungkarang - Bandar Lampung 35001

Telp.: 0721 252 943


Pada awalnya gedung ini bernama “Wisma Wijaya” dan dibangun sebagau sebagai sarana penginapan dan pertemuan para imam yang berkarya di Keuskupan Tanjungkarang. Wisma Wijata adalah milik Keuskupan dan berada di tengah-tengah antara Kota Teluk betung dan Kota Tanjungkarang, 2 km jauhnya dari pusat kota dan dekat dengan stadion dan kolam renang Pahoman, tepatnya di Jalan Way Lubuk No 2, Pahoman – Bandar Lampung.


Di samping tempat menginap dan pertemuan para imam, pada saat itu wisma ini dipakai juga sebagai “Pusat Pendidikan Kateketik” Keuskupan Tanjungkarang. Para imam secara rutin memakainya untuk pertemuan dalam rangka rekoleksi bulanan dan Conveniat. Acara itu masih berlangsung hingga kini. Selain itu, yang dulu namanya “Wisma Wjata” kini berganti dengan nama “Wisma Albertus”. Namun seiring jalnnya waktu berkembang menjadi tempat penginapan, pertemuan, workshop, dan pembinaan rohani kelompok-kelompok  kategorial lingkup Gereja (Katolik dan Kristen) seperti: lembaga pendidikan (anak-anak sekolah), guru agama katolik di sekolah negeri, para katekis sukarela (akar rumput), dsb.


Fasilitas:

Aula besar dengan sound system dan LCD (memuat 150 orang)

Aula kecil dengan sound system dan LCD (40 orang)

Ruang Makan dan 24 Kamar tidur (70 bed)

 

Fasilitas lain:

Showroom buku dan barang-barang rohani.